Keselamatan Kerja di Laboratorium

Keselamatan kerja menjadi satu hal yang paling penting ketika kita berada di sebuah laboratorium. Ketidaktahuan mengenai hal-hal apa saja yang mesti di antisipasi di laboratorium membuat seringnya terjadi kecelakaan kerja di laboratorium. Baik kecelakaan kecil maupun kecelakaan yang besar bahkan dapat mengakibatkan hilangnya nyawa seseorang.

Berikut adalah potongan berita tentang kecelakaan kerja yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa :

JAKARTA — Sebuah ledakan keras kemarin (26/1) pagi, sekitar pukul 07.50, terjadi di Laboratorium Mikrobiologi Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), di Jalan Percetakan Negara, Jakarta Pusat. Meski menyebabkan seorang tewas dan puluhan terluka, polisi memastikan ledakan bukan terjadi karena bom.

”Hasil penyelidikan laboratorium forensik Mabes Polri, ledakan itu kemungkinan disebabkan campuran bahan kimia,” kata Kepala Polri, Sutanto, usai menghadiri pemakaman mantan wapres Sudharmono, Kamis (26/1). (sumber: http://arsip.net/id)

Mungkin ada sebagian orang yang akan berkata bahwa artikel singkat  yang dituliskan ini terkesan menakut-nakuti. Tetapi yang perlu kita sadari adalah bahwasanya ketika kita bekerja di laboratorium kemungkinan terjadi kecelakaan kerja itu sangat mungkin terjadi.  Semua itu tergantung dari tingkat kewaspadaan dan pengetahuan kita mengenai laboratorium itu sendiri.

Dan semuanya akan balik lagi ke individunya masing-masing. Karena bahan kimia dapat di ibaratkan pedang yang memiliki dua sisi mata pisau.  Selain memiliki banyak sekali manfaat dapat juga mengakibatkan berbagai kerugian ketika menggunakannya tanpa pengetahuan yang benar.

Link download materi praktikum perdana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s